Membuat Efek Asap dengan Illustrator

Membuat Efek Asap dengan IllustratorTutorial ini akan menjelaskan cara membuat efek asap sederhana dengan Adobe Illustrator. Tidak ada teknik sulit yang digunakan disini, hanya beberapa penggunaan fungsi pada Illustrator seperti Blend dan Blending Mode. Hasil dari tutorial ini dapat kamu aplikasikan untuk berbagai keperluan dalam desain seperti membuat banner, brosur, dll. Well, mari langsung saja kita coba langkah demi langkah dalam tutorial ini! :)





STEP 1

Buat dokumen baru (Ctrl + N) di illustrator. Pastikan color mode yang digunakan adalah RGB.

Membuat Efek Asap dengan Illustrator

STEP 2

Buat dua buah garis abstrak (bisa menggunakan pen tool maupun pencil tool). beri warna outline garis pertama dengan warna putih, dan garis kedua dengan warna hitam. Background sementara saya beri warna biru agar kita bisa melihat warna garisnya.

Membuat Efek Asap dengan Illustrator

STEP 3

Sekarang saatnya menggunakan fungsi Blend. Pada menu bar pilih Object > Blend > Blend Option. Akan keluar pop up dimana kita bisa mengatur mode blend yang ingin digunakan, dalam hal ini, pilih Smooth Color.

Membuat Efek Asap dengan Illustrator

STEP 4

Aplikasikan blend pada garis yang kita buat tadi. Caranya, pilih kedua garis tsb, kemudian lari ke Object > Blend > Make (Alt + Ctrl + B). Sekarang kedua garis akan berbentuk seperti objek dibawah ini.

Membuat Efek Asap dengan Illustrator

STEP 5

Ulangi STEP 2 s/d STEP 4 untuk membuat beberapa bentuk abstrak seperti tadi, pastikan bentuknya cukup variatif agar menghasilkan bentuk asap yang dinamis dan menarik.

Membuat Efek Asap dengan Illustrator

STEP 6

Seleksi semua objek garis yang sudah diberi efek blend, kemudian lari ke Windows > Transparency. Atur blending mode pada palet Transparency menjadi Screen.

Membuat Efek Asap dengan Illustrator

HASIL AKHIR

Inilah hasil dari tutorial kali ini! Kamu bisa berimpovisasi dengan menurunkan nilai opacity pada objek untuk hasil yang lebih variatif. Jika punya kritik, saran, maupun pertanyaan, silahkan sampaikan melalui kolom komentar. Selamat berkarya! :)

Membuat Efek Asap dengan Illustrator

3 comments

dhani ramdhani | April 13, 2013 at 1:34 PM

mantap dah.. thank's om

Chandra Chan | June 4, 2014 at 12:05 PM

Lebih manteb lg sertakan nominal parameternya...tapi ini udah manteb om...nice info tq

Raja Antrian | May 2, 2016 at 1:49 PM

Terimakasih tutorialnya , sangat bermanfaat sekali

sekalian ijin promosi ya :)
Mau cari alat antrian dan alat survey pelanggan yang lengkap ? ayo kunjungi -> http://katalogalatantrian.blogspot.co.id/
atau juga bisa hub kami 082150065758 , pin 2a9be37c

Post a Comment